Apa itu Pengasuhan yang Konsisten?

Saya percaya gaya pengasuhan yang konsisten menciptakan orang tua yang tenang dan anak-anak yang dapat menyesuaikan diri dengan baik, unsur-unsur sempurna dari keluarga yang bahagia. Sebenarnya saya sangat percaya pada konsep ciri ciri anak nakal mengasuh anak secara konsisten sehingga saya meluncurkan situs web yang disebut Pengasuhan yang Konsisten untuk membagikan ide-ide saya.

Sebagai pendidik orang tua dan konselor keluarga dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengamati masalah perilaku, jelas bagi saya bahwa banyak orang tua yang berjuang untuk mempertahankan anak-anak yang damai dan rumah tangga yang tenang, hidup dengan ketidakkonsistenan, ketidakpastian dan kurangnya disiplin diri dalam kehidupan mereka sendiri.

Kurangnya konsistensi ini mengikuti gaya pengasuhan mereka, menciptakan masalah yang signifikan dalam rutinitas sehari-hari seperti waktu tidur dan waktu makan. Ditambah dengan pengaturan batas yang buruk dan batas-batas yang kontradiktif yang memicu perilaku di luar kendali, tidak mengherankan bahwa amarah dan kesedihan, karena kelelahan dan kecemasan, tampaknya menguasai hari-hari mereka.

Saya juga mengamati bahwa mayoritas orang tua yang datang mencari bantuan biasanya adalah orang-orang yang hangat, pengasih, cerdas, melakukan semua yang mereka bisa untuk memberikan keamanan dan kebahagiaan bagi anak-anak mereka. Mereka biasanya benar-benar bingung ketika kehidupan keluarga mereka hanya terasa sangat tertekan alih-alih lingkungan yang mereka harapkan untuk tumbuh.

Jika ketidakkonsistenan dalam diri Anda diterjemahkan menjadi ketidakkonsistenan dalam pengasuhan Anda, maka itu adalah kabar baik; karena memperbaiki diri sendiri jauh lebih mudah daripada mencoba memperbaiki orang lain!!

Mari kita lihat apa itu pola asuh yang konsisten

Pertama, pola asuh yang konsisten itu BUKAN!

Gaya pengasuhan yang konsisten bukan tentang terjebak, dan tidak berubah. Juga bukan tentang menjalankan rutinitas dan jadwal yang kaku. Ini bukan tentang menjadi otoriter dan tidak fleksibel, atau tentang menjadi kaku, diktator dan mendominasi. Lepaskan anggapan bahwa mengasuh anak secara konsisten akan membosankan, membosankan, dan menjemukan.

Sebaliknya, karena pengasuhan yang konsisten menciptakan lebih banyak kontrol bagi orang tua dan anak-anak, ada lebih banyak spontanitas dan keajaiban, petualangan, dan kejutan dalam keluarga yang berlatih menjadi konsisten. Mengapa?

Karena anak-anak yang tenang dan terpusat serta tidak berjuang dan melawan rutinitas sehari-hari yang biasa, memiliki kapasitas yang jauh lebih besar untuk tantangan dan petualangan, seperti halnya orang tua mereka! Faktanya, gaya pengasuhan yang konsisten jauh dari kata tidak berubah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *